Ujian dan Variannya

Ujian dan Variannya

Oleh : Ibrahim Dutinov

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.

Ciri Orang Mukmin



Siapa yang tahu salah satu ciri orang mukmin atau orang beriman, angkat tangan? Nah. Salah satu ciri orang beriman adalah :

Jika ia mendapatkan kegembiraan maka ia akan bersyukur, dan jika ia mendapatkan kesusahan, ia akan bersabar. Karena bersyukur dan bersabar merupakan suatu kebaikan bagi dirinya.

Sebagaimana hadits Shahih yang Diriwayatkan oleh Imam Muslim, no. 2999 (64); Ahmad, VI/16; Ad-Darimi, II/318 dan Ibnu Hibban (no. 2885, at-Ta’lîqatul Hisân ‘alâ Shahîh Ibni Hibbân).

Dari Abu Yahya Suhaib bin Sinan Radhiyallahu anhu ia berkata: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sungguh menakjubkan urusan seorang Mukmin. Sungguh semua urusannya adalah baik, dan yang demikian itu tidak dimiliki oleh siapa pun kecuali oleh orang Mukmin, yaitu jika ia mendapatkan kegembiraan ia bersyukur dan itu suatu kebaikan baginya. Dan jika ia mendapat kesusahan, ia bersabar dan itu pun suatu kebaikan baginya.”

Varian Ujian

1. Ujian Fisik
Ujian ini menyangkut hal fisik. Contohnya (mohon maaf) ada orang yang Allah kasih dia tubuh enggak utuh, ada cacatnya sedari lahir. Atau ada seseorang yang awalnya tidak memiliki kekurangan secara fisik. Namun karena ada kecelakaan, dan dokter memvonis kakinya harus diamputasi.

2. Ujian Harta
Yang termasuk dalam ujian ini misalnya karir, pekerjaan, bisnis, usaha. Ada yang diberikan ujian dengan usaha yang tak kunjung hasil, seringnya bangkrut ketimbang sukses. Atau ketika seseorang dengan karir sedang melejit, tiba-tiba Allah kasih ujian dengan membangkrutkan perusahaan dimana orang tersebut bekerja. Dan qodorulloh ternyata keuangan si perusahaan bermasalah, akhirnya tidak ada pesangon yang didapat.

3. Ujian Hati
Ujian ini menyangkut perasaan. Perasaan ketika dijauhi oleh orang terdekat misalkan. Perasaan ketika dipandang sebelah mata, atau perasaan ketika cinta bertepuk sebelah tangan mungkin.

Sama hal dengan ujian, Nikmat juga dibagi menjadi tiga seperti di atas.



Sumber :

Related Posts

There is no other posts in this category.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel